Selamat datang di blog KABAR PAJAK | Di sini Anda dapat menemukan semua informasi tentang PERPAJAKAN

Tutorial e-SPT PPN 1111

Download e-SPT pada artikel sebelumnya.
atau baca dulu kelebihan dan kekurangan e-SPT
atau baca overview e-SPT PPh Pasal 21
atau all about how to use e-SPT PPh Pasal 21
atau e-SPT PPh Pasal 21 sesuai dengan PER-14/PJ/2013

lanjut, Tutorial e-SPT PPN 1111

Dasar Hukum e-SPT PPN 1111:
Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-11/PJ/2013
1.    Setiap PKP Badan wajib menyampaikan SPT Masa PPN 1111 dalam bentuk data elektronik (e-SPT).
2.    PKP orang pribadi yang:
a.    melaporkan tidak lebih dari 25 (dua puluh lima) dokumen pada setiap Lampiran SPT dalam 1 (satu) Masa Pajak; dan
b.    jumlah seluruh penyerahan barang dan jasanya dalam 1 (satu) Masa Pajak kurang dari Rp400.000.000,00
dapat menyampaikan SPT Masa PPN 1111 dalam bentuk formulir kertas  (hard copy)  atau dalam bentuk data elektronik (e-SPT)
3.    PER-11/PJ/2013 ini mulai diberlakukan untuk SPT Masa PPN mulai Masa Pajak Juni 2013

Secara keseluruhan proses tutorial e-SPT PPN 1111 adalah sebagai berikut:
1.    Sistem Requirement
2.    Setting Regional
3.    Instalasi (e-SPT PPN Versi 1.4.)
4.    Membuka aplikasi e-SPT
5.    Koneksi Database (username dan password)
6.    Setting Profile
7.    Input Jatah Faktur Pajak
8.    Input Data Lawan Transaksi
9.    Buat SPT Tanpa Rincian Faktur (NIHIL)
10.    Buat SPT KB/LB
11.    Input Data Faktur Pajak Keluaran
12.    Input Data Faktur Pajak Masukan
13.    Input SSP Yang dibayar
14.    Posting Data
15.    Cetak SPT Induk (F4)
16.    Buat CSV
17.    Input Faktur Pajak Pengganti
18.    Buat SPT Pembetulan

1. Spesifikasi Komputer untuk e-SPT (Sistem Requirement Minimal)
a.    Perangkat Keras:
-    Pentium III 600 Mhz
-    32 Mb RAM
-    40 Mb Harddisk space
-    VGA dengan minimal resolusi layar 800 x 600
b.    Perangkat Lunak:
-    Microsoft Windows XP
-    Apabila WP menggunakan Microsoft Windows 7 sebaiknya menggunakan Ultimate Edition
-    Microsoft Office Access atau Microsoft Data Access Component
-    Microsoft .NET Framework 3.5
-    Aplikasi  E SPT PPN 1111 Versi 1.4.
2. Setting RegionalSebelum mulai instalasi, pastikan setting pada Regional Options adalah Indonesia
3. Instalasi (e-SPT PPN Versi 1.4.)
Jalankan 2 file berikut:
Setup_e-SPT_1111_1.4.
Patch_e-SPT_1111_v1400
4. Membuka aplikasi e-SPT PPN 1111
Start => Program => eSPT PPN1111 => eSPT PPN1111
5. Koneksi Database (username dan password)
Program => Koneksi Database  => Pilih Database
Username : administrator, Password : 123
Letak Database: Program Files => DJP => e-SPT PPN 1111 => db
Database bisa diganti nama sesuai nama perusahaan
Aplikasi bisa digunakan untuk beberapa perusahaan
6. Setting Profile
Setting => Profil Wajib Pajak
Isikan profil Perusahaan
7. Input Jatah Faktur Pajak
Tools => Referensi => Jatah Faktur Pajak
Isikan Jatah Nomor Seri Faktur Pajak dari DJP dan Nomor Surat Pemberitahuan
8. Input Data Lawan Transaksi
Tools => Referensi => Lawan Transaksi
9. Buat SPT Tanpa Rincian Faktur (NIHIL)
Input Data => SPT Tanpa Rincian Faktur
* Buat SPT Kurang Bayar *
Input Faktur Pajak Masukan    : Input Data => Pajak Masukan  
Input Faktur Pajak Keluaran    : Input Data => Pajak Keluaran
Setting SPT    :    Setting => Setting SPT PPN 111 => Buka SPT untuk dilihat/edit
Input SSP    :     SPT => Surat Setoran Pajak => SSP PPN yang telah dibayar
Posting    :    Input Data => Posting Data
Cetak Induk SPT    :    SPT => Cetak SPT => Pilih SPT Induk => Masa Pajak yang sesuai
Buat CSV    :    SPT => Buat CSV => Simpan File CSV

* Buat SPT Pembetulan karena Faktur Pajak Pengganti *
Buka SPT     : Setting => Setting SPT PPN 111 => Buka => Buat SPT Pembetulan
Input FP Pengganti
Input Data => Pajak Keluaran => Masa Pajak => Pembetulan 1 => Tampilkan => Baru
Isi Induk SPT     :    SPT => Induk SPT 1111 => Bagian II.E => Isi
Setting SPT    :    Pilih SPT => Buka SPT untuk dilihat atau diedit
Input SSP    :     SPT => Surat Setoran Pajak => SSP PPN yang telah dibayar
Posting    :    Input Data => Posting Data
Cetak Induk SPT    :    SPT => Cetak SPT => Pilih SPT Induk => Masa Pajak yang sesuai
Buat CSV    :    SPT => Buat CSV => Simpan File CSV

* Buat SPT Lebih Bayar *
Input Faktur Pajak Masukan    : Input Data => Pajak Masukan   
Input Faktur Pajak Keluaran    : Input Data => Pajak Keluaran
Isi Induk SPT     :    SPT => Induk SPT 1111 => Bagian II.H => Pilih
Setting SPT    :    Setting => Setting SPT PPN 111 => Buka SPT untuk dilihat/edit
Posting    :    Input Data => Posting Data
Cetak Induk SPT    :    SPT => Cetak SPT => Pilih SPT Induk => Masa Pajak yang sesuai
Buat CSV    :    SPT => Buat CSV => Simpan File CSV

* Buat SPT Pembetulan karena Faktur Pajak dibatalkan *
Buka SPT     : Setting => Setting SPT PPN 111 => Buka => Buat SPT Pembetulan
Input FP Batal    :           
Input Data => Pajak Keluaran => Masa Pajak => Pembetulan 1 => Tampilkan => Ubah
Isi Induk SPT     :    SPT => Induk SPT 1111 => Bagian II.E => Isi
Setting SPT    :    Pilih SPT => Buka SPT untuk dilihat atau diedit
Posting    :    Input Data => Posting Data
Cetak Induk SPT    :    SPT => Cetak SPT => Pilih SPT Induk => Masa Pajak yang sesuai
Buat CSV    :    SPT => Buat CSV => Simpan File CSV

0 comments:

Post a Comment